Manajemen Stress Untuk Pengusaha Yang Efektif

Banyak orang awam menilai bahwa menjadi pengusaha adalah sebuah impian hidup, memiliki banyak uang, mobil mewah, liburan ke luar negri dan lain – lain, padahal pada kenyataannya, hidup menjadi seorang pengusaha dipenuhi dengan kerja keras tak kenal waktu dan stress yang tak tidak dapat dihindari. Begitu banyak pengorbanan untuk menjadi seorang pengusaha untuk mencapai tujuannya.

Bayangkan bagaimana setiap saat kita mendapatkan laporan barang yang gagal dikirim, laporan keuangan yang jauh dari harapan, komplain dari pelanggan yang kecewa dan banyak masalah lainnya. Maka dari itu penting bagi kita untuk memahami cara mengelola stress yang baik sehingga kita dapat tetap bergerak maju dan perusahaan tetap berjalan dengan sebagaimana mestinya.

Seorang pengusaha sukses mampu mengelola stress dengan baik, ini merupakan salah satu keterampilan penting yang harus dimiliki setiap pengusaha karena menjalankan bisnis itu sulit, dalam perjalanannya kita akan dihadapkan dengan berbagai masalah dan tekanan – tekanan yang menguras emosi dan mental kita.

Disini kami mencoba membantu anda agar sukses sebagai pengusaha, jadi kami telah membuat artikel ini untuk memberi Anda tips manajemen stres untuk pengusaha yang efektif. Selain itu di akhir artikel ini, kami akan berikan informasi yang anda butuhkan untuk mengubah stress menjadi energi positif.

 

Apa itu Stress ?

Stress adalah cara alami tubuh dalam merespon situasi ketika keadaan dalam keadaan sulit, rasa frustasi dapat terjadi ketika kita seharian telah bekerja keras. Terlalu tenggelam dalam kecemasan dan kekahawatiran akan nasib perusahaan anda kedepan dapat meningkatkan stress.

Stress dapat datang dalam berbagai bentuk, sangat penting bagi anda dalam memahami bagaimana reaksi tubuh anda dalam merespon stress. Dengan anda memahami bagaimana tubuh anda bereaksi terhadap stress anda dapat membuat langkah – langkah yang dibutuhkan untuk membangun rutinitas manajemen stress yang efektif.

 

Manfaat Manajemen Stress

Manajemen stress yang efektif sangat penting untuk umur karir anda kedepan, tidak peduli apapun bidang usaha yang sedang anda kerjakan saat ini, kita akan selalu akan dihadapkan dengan segala macam masalah dan tekanan yang berbeda – beda. Anda harus dapat berpikir dan bertindak untuk jangka panjang demi kelangsungan karir usaha anda. Akan selalu ada rintangan dan halangan dalam mencapai tujuannya. Dengan manajemen stress yang efektif akan membantu anda dalam melewati itu semua dengan cepat. Banyak sekali manfaat manejemen stress tapi hal yang paling utama adalah dapat meringankan gejala stress yang berakibat pada kesehatan mental dan tubuh kita bahkan dalam jangka pendek.

 

Bagaimana cara manajemen stress yang efektif?

Setelah anda mengetahui apa itu stress dan manfaat manajemen stress, sekarang anda harus mengetahui cara mengelola stress, pelajari tips dan kiat – kiat yang dapat anda tindak lanjuti untuk mengelola stress yang efektif. Ingat ini bukanlah ilmu pasti, karena situasi dan tekanan serta respon tubuh yang berbeda dari setiap individu, jadi pastikan anda pilih mana yang paling cocok dengan situasi dan kondisi yang sedang anda alami saat ini.

 

Inilah kiat – kiat dalam menajemen stress yang efektif:

Pemecahan Masalah

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah pemecahan masalah, cobalah cari penyebab masalah apa yang membuat anda stress. Mungkin saja anda sudah mengira – mengira tapi cobalah luangkan waktu untuk merenung dan berpikir kembali apa yang sebenarnya mebuat anda stress. Silakan cari pena dan kertas atau mungkin laptop anda dan mulailah menulis.

Mungkin anda dihadapkan akan tenggat waktu pengiriman barang atau tentang target penjualan yang harus dicapai dalam bisnis baru anda, apapun itu cobalah pecahkan masalahnya dan mulai bersikap kritis terhadap diri sendiri.

Mulailah mencatat hal pertama yang anda butuhkan untuk mengatasi masalah anda dan pikirkan bagaimana anda akan mencapai kesuksesan. Setelah anda dapat menyelesaikannya, lanjutkan ke tugas berikutnya yang harus anda selesaikan dan seterusnya. Dari hal yang telah anda lakukan tersebut anda telah memiliki daftar tugas mikro yang harus anda selesaikan dan anda telah membuat daftar jalan yang jelas menuju sebuah kesuksesan. Dengan anda memiliki daftar jalan yang jelas ini, terlihat masalahnya tampak lebih mengecil dan lebih mudah untuk dikelola.

 

Yoga untuk Manajemen Stres

Yoga adalah salah satu teknik manajemen stres tertua di dunia. Yoga memberikan banyak manfaat kesehatan yang benar – benar berbeda dari olahraga lainnya.

Manfaat yoga mampu mengurangi tingkat stress, menurunkan tekanan darah, menurunkan detak jantung, dan mengurangi kecemasan.

Yoga mungkin tampak asing untuk anda yang belum pernah melakukannya sebelumnya, tetapi tidak salah untuk mulai mencobanya dengan bergabung sebagai kelas pemula atau mencoba tutorial di YouTube dan kelas Online. Cobalah dan lihat apakah itu berhasil untuk Anda.

 

Istirahat Sejenak

Salah satu tehnik manejemen stress yang efektif yang mungkin berguna bagi anda adalah mencoba untuk istrahat sejenak dari kesibukan. Ketika anda dihadapkan dengan daftar tugas yang begitu banyak, reaksi alami anda adalah mencoba menyelesaikan tugas – tugas tersebut dengan secepat mungkin. Ini mungkin berhasil untuk sebagian orang tapi mungkin untuk sebagian yang lain akan mengakibatkan kebingungan dan kelelahan, dan jika anda lelah, kemungkinan besar anda tidak akan bekerja maksimal. Ketika anda dalam situasi tersebut jangan takut untuk berisitirahat sejenak.

Ini mungkin terlihat kontraproduktif, tapi percayalah meluangkan waktu anda untuk beristirahat dapat membantu menjernihkan pikiran, setelah itu anda akan tampil maksimal kembali dan dapat myelesaikan tugas anda dengan lebih cepat.

 

Berolahraga Secara Rutin dan Teratur

Berolahraga adalah salah satu tehnik manajemen stress terbaik dan termurah yang dapat anda lakukan. Selain itu tentu saja alasan kesehatan yang paling utama dalam manfaat berolahraga secara rutin dan teratur.

Pilihlah olahraga yang menurut anda cocok dan jadwalkan minimal 3 kali dalam seminggu dan lakukan secara konsisten.

Tubuh yang sehat dan kuat akan meredam lebih banyak stress dan kecemasan. Olahraga membantu anda selalu bersemangat, selain itu juga menumbuhkan mental positif untuk selalu berkompetisi.

 

Perhatikan Asupan Makanan Anda

Makan makanan bergizi sangat penting untuk kesehatan anda, hindari junk food, mie instan atau makanan yang terlalu berlemak. Anda akan membutuhkan banyak energi jika ingin melakukan tugas sehari – hari dan anda akan merasa jauh lebih berenergi setelah makan makanan sehat.

Asupan makanan yang kurang sehat yang anda konsumsi setiap hari memiliki efek buruk pada kesehatan tubuh anda dalam jangka panjang.

Ada beberapa makanan yang mengakibatkan gula darah anda tinggi, tekanan darah tinggi dan obesitas, tentu saja ini sangat berpengaruh besar pada stress yang anda alami. Anda akan cenderung mudah marah atau emosional ketika gula darah naik dan tekanan darah tinggi akan mengakibatkan stroke ringan atau bahkan berat dan obesitas akan menurunkan produtifitas dalam bekerja karena anda mudah lelah. Jadi sekali lagi, menjaga makan makanan sehat dan bergizi adalah suatu keharusan dalam manajemen stress.

 

Luangkan Waktu untuk Bersosialisasi

Dalam hal tehnik manajemen stress, bersosialisasi bisa sangat efektif.

Kita semua pernah mengalami ketika teman anda meminta untuk datang dan berkumpul setelah bekerja, tetapi anda menolaknya karena terlalu lelah atau anda terlalu sibuk dalam bekerja. Semua alasan itu wajar saja, tetapi dalam hal manajemen stress, bersosialisasi memiliki manfaat lebih.

Jika Anda adalah tipe orang yang merasa berenergi setelah bergaul dengan beberapa teman, cobalah untuk melakukannya lebih sering ini dapat membantu Anda bersantai dan kembali bekerja dengan perasaan segar.

 

Belajar Mengatakan “Tidak”

Ini adalah Tips manajemen stress yang terakhir dari kami, hal ini sangat sederhana tetapi Anda akan terkejut betapa efektifnya cara ini. Sederhananya, belajarlah untuk mengatakan “tidak” lebih sering.

Jika Anda adalah tipe orang yang senang membantu orang lain, Anda bisa terjebak dalam kondisi menempatkan orang lain di atas diri anda sendiri. Dan ini tidak akan membantu anda dalam mengelola tingkat stress anda.

Saat Anda dalam keadaan stress, prioritaskan kepentingan anda lebih dahulu. Tolak dengan halus dan sopan jika seseorang meminta bantuan anda ketika pekerjaan anda belum selesai dan yakinlah mereka akan mengerti sepenuhnya bahwa anda dalam keadaan sibuk.

Kemudian Anda akan dapat menggunakan waktu ekstra itu untuk menyelesaikan tugas Anda lebih awal, istirahat, memasak sendiri makanan enak, atau apa pun yang membantu anda bersantai.

 

Ubah Stres Menjadi Energi Positif

Ingat, stress tidak selalu buruk. Cobalah untuk menganggap stress sebagai energi. Energi besar yang dapat anda gunakan untuk mendorong bisnis anda menuju kesuksesan. Meminimalkan stress dengan tetap produktif dan tetap di atas pekerjaan anda sangat penting. Jika anda kesulitan untuk tetap fokus, cobalah aplikasi produktivitas untuk meningkatkan motivasi anda.

Itulah daftar teknik manajemen stress untuk pengusaha yang efektif dari kami yang dapat anda mulai gunakan hari ini. Mulailah mencoba salah satu tehnik dan trik diatas ketika anda dalam keadaan stress, dan bila itu berhasil anda akan mendapatkan manfaat yang besar untuk jangka waktu yang panjang sehingga karir dan bisnis anda dapat bertahan dalam situasi dan keadaan terburuk sekalipun.