Bagaimana Cara Memulai Sebuah Ide Atau Gagasan Usaha Prakarya

Memulai sebuah ide atau gagasan usaha prakarya memang tak semudah seperti yang kedengarannya, terkadang kita memiliki banyak ide untuk memulai bisnis namun kita bingung untuk memahami ide yang ada dan mewujudkan ide tersebut untuk menjadi sebuah bisnis. Sebuah ide tanpa realisasi akan menjadi tidak berarti.  Lalu, bagaimana cara memulai sebuah ide atau gagasan usaha Prakarya agar bisa terwujud?

Pada artikel ini kita akan berbicara tentang bagaimana cara memulai sebuah gagasan atau ide usaha prakarya yang pasti akan menguntungkan Anda. Namun sebelumnya kita harus mengetahui apa itu pengertian prakarya selengkapnya.

PAHAMI APA ITU PRAKARYA

Prakarya berasal dari kata pra dan kata karya, pra mempunyai arti kata “belum” dan karya berarti “hasil kerja”.  Prakarya secara kata di artikan sebagai hasil kerja yang belum tuntas, prakarya masih berupa konsep. Prakarya belum punya target pemasaran yang jelas, oleh karena itu belum ada konsumen atau pembelinya. Satu-satunya konsumen mungkin si pembuat atau perancangnya itu sendiri. Kualitas produk tidak menjadi keutamaan, karena yang terpenting hanya bentuk dasarnya saja. Harga suatu prakarya ditentukan sangat subjektif karena tidak mengetahui potensi pasarnya.

Dalam pengertian lain, Prakarya merupakan suatu hastakarya, keterampilan tangan atau kerajinan tangan. Bahan-bahan yang digunakan biasanya sudah tersedia di pasaran, jadi kita hanya perlu merakit atau menggunakan limbah dari bahan bekas. Prakarya berperan besar dalam mengembangkan kreativitas dan tumbuh menjadi inovasi baru.

Prakarya dapat dikatakan sebagai suatu kerangka kerajinan atau hasil yang belum selesai atau belum mencapai hasil akhir.

Prakarya dapat diartikan sebagai suatu hasil keterampilan, kerajinan atau kreasi yang biasanya dibuat dari barang bekas yang bahan-bahannya sendiri disusun secara menarik dan kreatif.

TIPS MENDAPATKAN IDE UNTUK MEMULAI USAHA PRAKARYA

  1. Mendapatkan Ide Dari Hobby Atau Minat

Hobi adalah suatu kegiatan yang dirasakan menyenangkan oleh seseorang yang memiliki minat dan semangat untuk melakukannya.  Tanpa beban apapun.  Masing-masing dari kita pasti memiliki hobi dan minat tertentu di salah satu bidang. Ini sebenarnya sumber ide bisnis atau ide usaha yang bisa kita bangun.

Contohnya jika anda hobi dalam melukis, anda bisa menjual lukisan anda atau membuka jasa lukis foto di toko – toko online.

Dari hobi dan minat kita masing-masing, kita bisa menggali ide yang bisa dikembangkan menjadi ide bisnis yang tentunya memberikan keuntungan ekonomi bagi kita.

  1. Berdasarkan Keterampilan Yang Anda Miliki

Pengalaman dan keterampilan dapat menjadi sumber ide bisnis. Setiap orang pasti memiliki keterampilan dan pengalaman yang berbeda-beda, keterampilan merupakan salah satu ciri khas seseorang yang dapat diubah menjadi nilai ekonomis.

Sebagai contoh Jika anda mempunyai keterampilan menjahit, tidak ada salahnya Anda membuka usaha menjahit atau bila pengalaman menjahit anda lebih baik, Anda dapat memulai sebuah bisnis menjadi seorang desainer busana dan pakaian profesional.

Pasti saja Anda memiliki begitu banyak pengalaman dalam hidup, cobalah untuk mengambil satu dan memperdalamnya, mengubahnya menjadi ide bisnis, dan kemudian Anda akan menjadi orang yang memulai ide bisnis Anda dalam bentuk aplikasi nyata.

  1. Menjadi Orang yang Kreatif

Kreativitas, tentunya kita tidak asing dengan kata ini, kreativitas merupakan hal yang harus dimiliki calon wirausahawan sukses.  Mengapa?  Karena Anda dituntut untuk menjadi orang yang kreatif di bidang pekerjaan Anda nantinya.

Kreativitas adalah kemampuan untuk menciptakan sesuatu hal yang baru dan memberikan ide-ide dalam memecahkan masalah yang ada.

Mencoba berpikir kreatif dari segala macam persoalan yang ada di lingkungan dan kehidupan anda. Cari permasalahan apa yang ada di dalam masyarakat dan ciptakan ide kreatif untuk mengatasi atau memecahakan permasalahan tersebut.

Bagaimana cara membuat ide kreatif Anda muncul sebagai peluang bisnis?  Cobalah untuk berpikir kreatif  untuk keluar dari masalah yang ada dalam hidup dan lingkungan Anda.  Lihatah masalah apa yang dihadapi masyarakat dan ciptakan solusi tersebut secara kreatif dan unik.

Solusi dari masalah tersebut adalah sebuah ide bisnis. Contohnya tentang kebutuhan akan peralatan kita sehari-hari, semua berawal dari sebuah masalah kemudian muncul kreativitas manusia untuk menciptakan berbagai alat yang membantu menyelesaikan masalah tersebut.

  1. Informasi Media (koran, majalah, TV, internet)

Pencarian ide bisnis saat ini dapat dilakukan dengan mencari referensi melalui media massa, terutama melalui internet.  Dengan melihat berbagai referensi media massa mengenai ide bisnis yang ada dan perkembangan konsumen terkini, Anda akan memiliki ide bisnis baru versi Anda sendiri.

CONTOH IDE USAHA PRAKARYA

  1. Menjual Lilin Aromaterapi

Karena tergolong murah, Jenis bisnis ini banyak diminati dan mudah laku di pasaran, sehingga bisa di jadikan peluang yang menguntungkan bagi usaha parakarya anda. .  Kerajinan ini bisa dijadikan oleh-oleh sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan pangsa pasarnya. Agar anda dapat menjalankan usaha ini, maka anda harus melakukan eksperimen atau banyak percobaan karena anda akan menciptakan aroma yang sesuai.

Agar dapat menjalankan bisnis ini, maka Anda perlu melakukan banyak eksperimen karena anda harus menciptakan wangi yang pas dab khas, sehingga dapat di terima oleh konsumen.

Untuk bahan pembuatan Lilin Aromaterapi ini sebaiknya menggunakan bahan yang alami seperti palm wax, beeswax, dan soy wax. Jenis lilin alami ini sangat bagus digunakan dalam pembuatan lilin aromaterapi.

  1. Kerajinan Tradisional

Prakaraya yang paling populer dan paling mudah dijual adalah olahan keramik, batik atau tenun. Jadi selain menjual produk prakarya, Anda juga akan mendapatkan penghasilan lebih dengan membuka jasa pelatihan untuk pembuatan prakarya yang anda jual.

Banyak yang umumnya tertarik dengan jenis pekerjaan ini, dari anak-anak hingga orang dewasa karena memiliki nilai pendidikan.  Selain itu, juga dapat melatih kreativitas dan merangsang kemampuan motorik anak.

  1. Keterampilan Melukis

Syarat untuk menjalankan bisnis ini pastinya anda harus memiliki kemampuan melukis. Lukisan dari berbagai jenis dapat ditawarkan seperti lukisan interior, pemandangan, kartun dan sejenisnya.  Semakin banyak produk yang Anda, semakin banyak pula pelanggan yang akan Anda miliki.

Jangan lupa perbanyak promosi dan tawarkan prodak Anda melalui belanja online sehingga pemesan tidak harus datang langsung ke lokasi dan cukup dengan mengirimkan gambar yang akan dilukis sehingga lebih praktis dan efisien. L

Jangan lupa untuk memperbanyak promosi dan tawarkan produk Anda melalui toko online sehingga pelanggan tidak perlu datang langsung ke tempat dan cukup mengirimkan gambar untuk dilukis agar lebih praktis dan efektif.

  1. Prakarya Dari Barang Bekas Atau Limbah

Jika Anda memiliki keahlian dalam mengolah sesuatu barang yang tidak berharga menjadi sesuatu yang bernilai, maka Anda sangat cocok untuk memulai bisnis Prakarya dari Barang Bekas ini.

Banyak orang beranggapan bahwa bahan bekas hanyalah sampah yang tidak memiliki kegunaan, contohnya seperti sampah plastik.  Padahal, jika memiliki kreativitas, apa yang dianggap sampah akan menjadi kerajinan yang unik dan produktif.

  1. Membuat Kerajinan Lampion

Prakarya yang bisa anda jadikan sebagai peluang bisnis selanjutnya adalah kerajinan lampion hias.  Permintaan untuk lampion hias ini sangat banyak apalagi saat ada acara-acara tertentu seperti perayaaan hari besar.

Agar produk Anda lebih laku di pasaran, Anda dapat menerapkan sistem penjualan custom agar pelanggan dapat mandapatkan bentuk dan ukuran sesuai dengan keinginan mereka. Untuk masalah harga bisa diatur berdasarkan bentuk dan ukurannya.

  1. Prakarya dari Kain Flanel

Anda mungkin sudah mengenal kain flanel karena sudah banyak para pebisnis yang menggunakan kain flanel sebagai produk nya.  Anda bisa mencoba peluang bisnis prakarya ini karena peminatnya masih sangat besar.

Ada banyak produk atau jenis kreasi yang terbuat dari kain flanel. Seperti Bros, kotak tisu, gantungan kunci dan masih banyak lagi kreasi-kreasi lainnya.  Selain itu, kain flanel ini bisa kamu buat untuk bunga yang biasanya diminta pada acara wisuda.

  1. Kerajinan Desain Mahar pernikahan.

Banyak sekali pengantin yang menginginkan mahar yang unik dan berbeda dari yang lain agar menjadi lebih berkesan dalam momen yang istimewa tersebut.  Salah satu jenis desain mahar yang paling banyak dicari adalah mahar uang yang di desain secara unik.

Banyaknya peminat untuk desain uang mahar tersebut, tentu saja harus diubah menjadi peluang yang pastinya menguntungkan.  Agar mahar ini lebih menarik, Anda juga bisa menyusun dan menambahkan berbagai hiasan pernak-pernik agar lebih manis dan indah.

Demikian informasi yang dapat kami sajikan, semoga dapat memberikan wawasan dan ide bagi anda semua yang sedang mencari Bagaimana Cara Memulai Sebuah Ide Atau Gagasan Usaha Prakarya. Jangan Lupa share website kami jika informasi ini dirasa bermanfaat. Semoga sukses untuk anda semua.